Samsung Blokir Pemakaian S Voice di Smartphone Android Lain

Samsung Galaxy S3 yang merupakan smartphone Android andalan Samsung memang mempunyai fitur-fitur baru dengan teknologi yang canggih. Salah satunya adalah fitur pengenalan perintah suara yang disebut dengan S Voice. Fitur ini diklaim mampu memberikan pengalaman baru dalam penggunaan sebuah smartphone. Fitur atau aplikasi S Voice ini memang dirancang khusus oleh Samsung agar bisa berjalan secara eksklusif diatas Samsung Galaxy S3. Namun beberapa waktu yang lalu, seorang anggota dari forum XDA Developer telah membocorkan file aplikasi tersebut yang diekstrak dari sebuah Galaxy S3 dan telah dimodifikasi sehingga bisa dipakai pada perangkat Android lain.

Voice di Samsung

Setelah sebelumnya beberapa pengguna yang melaporkan telah berhasil mengimplementasikan S Voice di smartphone Android Ice Cream Sandwich lain, kemudian muncul sebuah respon dari Samsung dengan melakukan sebuah tindakan yang berusaha untuk mencegah penyebaran aplikasi S Voice tersebut. Samsung bekerja sama dengan Vlingo, perusahaan teknologi yang menangani pengembangan aplikasi S Voice tersebut untuk memblokir aplikasi S Voice selain yang digunakan pada Samsung Galaxy S3. Sehingga jika aplikasi S Voice tersebut berhasil diinstal pada smartphone Android lain, aplikasi tersebut tetap dapat dibuka namun akan langsung menampilkan pesan kesalahan “Network error, please try again” dan pengguna tidak bisa memakainya.

Menanggapi pemblokiran dari Samsung dan Vlingo tersebut, para anggota forum XDA Developer juga tidak tinggal diam. Mereka kemudian berusaha untuk mencari cara agar bisa “mengelabui” sistem Samsung yang memblokir akses S Voice dari perangkat Android lain. Salah satu anggota forum tersebut akhirnya berhasil menemukan cara untuk melewati blokir yang dilakukan oleh Samsung tersebut. Jika Anda tertarik bisa mengunjunginya disini.

S Voice sendiri merupakan fitur yang dibangga-banggakan oleh Samsung sebagai salah satu fitur andalan di Samsung Galaxy S3. Tapi seperti yang diketahui bahwa sebenarnya fitur pengenalan perintah suara bukanlah sebuah teknologi baru. Fitur serupa juga telah lebih dulu diaplikasikan pada fitur Siri di iPhone 4S oleh Apple. Sehingga banyak yang menyebut bahwa apa yang dilakukan oleh Samsung dengan menyertakan fitur S Voice adalah untuk menandingi personal assistant Siri yang ada di iPhone 4S.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*