“Bocoran” BlackBerry 10, OS Baru BlackBerry Yang “Tampil Beda”

BlackBerry selama ini memang bisa dibilang sudah sangat dikenal di dalam masyarakat dan penggunanya pun berasal dari berbagai kalangan. Jika dulunya BlackBerry identik dengan para profesional, saat ini BlackBerry telah menjadi handset “wajib” bagi semua kalangan dan usia. Dibalik kepopulerannya tersebut, BlackBerry disebut-sebut sebagai smartphone dengan teknologi yang paling lama perkembangannya. Disaat platform lain sudah memunculkan berbagai inovasi, BlackBerry masih menggunakan teknologi yang sudah dipakai relatif cukup lama. Misalnya dalam hal sistem operasi (OS) yang saat ini digunakan pada berbagai perangkat BlackBerry dinilai sudah terlalu “ketinggalan jaman”.

Karena faktor tersebut RIM selaku produsen BlackBerry saat ini dinilai tertinggal dalam persaingan teknologi smartphone kelas atas. Menanggapi hal itu, RIM kemudian mengumumkan bahwa pihaknya sedang mengembangkan sebuah sistem operasi baru yang diklaim akan hadir dengan kemampuan yang lebih baik yang disebut dengan OS BlackBerry 10. Hadirnya OS BlackBerry 10 tersebut adalah untuk bersaing dengan platform Android dan iOS yang kini merajai pasaran. Sesuai dengan perkembangan teknologi smartphone saat ini, dalam OS terbarunya itu RIM juga menggunakan konsep full touch screen. Sehingga BlackBerry yang selama ini identik dengan keyboard QWERTY akan digantikan dengan tampilan baru dari OS BlackBerry 10.

Untuk mendukung peluncuran OS terbarunya, sebelumnya RIM juga telah memperkenalkannya secara resmi dalam acara BlackBerry World 2012 di hadapan para developer dan membagikan secara gratis perangkat prototipe yang disebut dengan BlackBerry 10 Dev Alpha. Perangkat prototipe tersebut disediakan untuk pada developer agar mereka bisa mengembangkan aplikasi yang berbasis BlackBerry 10. RIM sendiri memang berharap banyak peran serta dari para developer untuk menyediakan aplikasi berbasis BlackBerry 10 sebelum peluncuran resminya.

Beberapa “bocoran” foto dari CrackBerry menunjukkan beberapa gambar tentang penggunaan OS BlackBerry 10. Dalam foto-foto tersebut terlihat desain tampilan homescreen dan juga daftar aplikasi yang terdapat di dalamnya. Selain itu keyboard terbaru juga diperkenalkan dengan fiturnya yaitu smart swipe yang bisa memprediksi kata yang akan diketikkan oleh penggunanya.

Dari foto yang baru beredar itu juga didapati bahwa ada perubahan dari tampilan sebelumnya yang ditunjukkan saat demo perangkat dalam ajang BlackBerry World 2012. Diantaranya adalah ikon aplikasi pada systray yang sebelumnya tidak ada. Dengan berbagai kemampuannya, OS BlackBerry 10 akan menjadi harapan baru bagi RIM untuk kembali bangkit dari usahanya yang belakangan ini semakin merosot.

3 Comments

  1. @ari aditya >> goblookk bgt sih loe ??? android cuman buat ngegame n liat film doank, makanya otak hrs pinter nih bb buat bisnis blo’on

    • @Agus: Tergantung kebutuhan masing-masing saja karena tiap orang memperlakukan gadget dengan berbeda. Tidak semua orang yang punya Android hanya untuk film dan trik semua orang yang memiliki BB itu memiliki bisnis (Kadang hanya sebagai konsumen doank).

      Tapi tidak dipungkiri, “untuk saat ini” berbisnis menggunakan BB memang lebih baik karena komunitasnya lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*