Cara Menghemat Baterai Smartphone Android KitKat

Baterai-Android-Awet

Tak bisa dipungkiri, Android menjadi sebuah sistem operasi yang menarik dan penuh fitur. Berbagai update yang dilakukan membuat smartphone Android semakin sering digunakan. Hal ini juga membuat baterai smartphone semakin boros. Untungnya, masih banyak cara untuk meningkatkan masa pakai baterai smartphone Anda.

Matikan hotword detection

Dalam sistem Android terbaru KitKat 4.4, terdapat fitur Google Now yang berguna. Anda cukup mengatakan “ok google” dan fitur ini akan aktif. Sayangnya, fitur ini boros baterai karena menunggu perintah dari Anda. jika tidak digunakan ada baiknya untuk dinonaktifkan saja.

Caranya masuk ke “Google app” lalu “settings” lalu “voice” lalu klik “ok google” hotword detection kemudian klik OFF.

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android KitKat

Jika Anda tak suka dengan google now, Anda bisa mematikan secara keseluruhan aplikasi ini. Masuk ke “google app” lalu “settings” lalu “google now” dan klik OFF. Pilih juga matikan history.

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android KitKat

 

Sesuaikan mode lokasi

Dalam Android kitkat terdapat fitur menentukan lokasi yang lebih baru dan boros baterai. Dalam fitur ini terdapat 3 mode yakni high accuracy yang menggunakan GPS, wifi dan mobile network; mode battery saving yang hanya menggunakan wifi dan mobile network; dan terakhir mode device only yang hanya menggunakan GPS saja.

Sesuai namanya, Anda bisa memilis Battery saving mode untuk menghemat baterai perangkat Anda.

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android KitKat

Aktifkan Android Run Time (ART)

Android KitKat juga membawa fitur baru Android Run Time yang cukup ramah pada baterai karena melakukan pengaturan aplikasi yang tertanam di Android secara maksimal sehingga perangat lebih cepat dan daya tahan baterai yang lebih baik.

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android KitKat

Untuk mengaktifkannya, Anda bisa pergi ke “settings” lalu “about phone” dan tap “build number” hingga muncul “you are a developer”. Hal ini akan mengaktifkan Developer mode. Setelah itu masuk kembali ke “setting” dan anda akan menemukan menu tambahan “developer options” di bawah “about phone”. Masuk ke menut Developer options” kemudia pilih runtime dan pilih “use ART”. Perangkat Anda akan reboot dan butuh waktu 10- 20 menit untuk booting selama proses ART diaktifkan.

Matikan Auto-Sync dan Wifi

Untuk menghemat baterai perangkat Anda, Anda bisa mematikan fitur Auto –sync dan wifi. Untuk mematikan auto sync masuk ke “setting” lalu ke “google” dan tap akun Anda. matikan semua pilihan yang diinginkan.

Terakhir, Anda bisa mengganti live wallpaper dengan wallpaper gambar saja.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*