Cara untuk mendownload file dari Command Prompt pada Windows

Cara untuk mendownload file dari Command Prompt pada Windows

Setiap browser web yang modern memiliki built-in pilihan yang memungkinkan pengguna untuk men-download file jarak jauh dari sumber tertentu. Ini adalah hal yang baik karena Anda tidak perlu lagi menginstal perangkat lunak atau program lain hanya untuk men-download beberapa file teks, dokumen PDF, MP3, FLV dan MP4 video, dll Namun, ada juga batasan untuk apa yang dapat Anda lakukan sehingga Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk belajar bagaimana cara men-download file dari command prompt pada Windows.

Cara untuk mendownload file dari Command Prompt pada Windows

Cara untuk mendownload file dari Command Prompt pada Windows

Download dan instalasi

– Pada web browser pilihan Anda (ex. Chrome, Firefox, dll), klik link ini untuk mendownload paket Wget lengkap (nama file wget-1.11.4-1-setup.exe) dari Wget untuk Windows. Simpan file ke desktop atau folder.
– Setelah di-download, klik dua kali file tersebut untuk memulai / Wget proses setup instalasi. Cukup ikuti petunjuk pada layar dan pastikan bahwa Anda memilih “ifull isntallation: yang meliputi Binari serta dokumentasi.

– Ketika Anda mencapai bagian di mana Anda akan diminta untuk memilih tugas-tugas tambahan, jangan lupa untuk mencentang pilihan “Download Sources ” kemudian klik “Next”.
– Klik “Install” lalu klik “Finish” untuk melanjutkan dengan instalasi penuh.
– Setelah itu, Anda akan diminta untuk menyimpan file lain yang disebut “wget-1.11.4-1-src.zip”. Cukup klik “Save” untuk konfirmasi. Cukup lanjutkan ke langkah berikutnya segera setelah Anda selesai.

penggunaan

Wget untuk Windows menawarkan penggunaan dasar dan lanjutan. Namun, dalam posting ini, kita tidak akan menyelidiki perintah dan fungsi canggih. Karena tujuan dari posting ini adalah hanya untuk membiarkan Anda tahu bagaimana cara men-download file dari command prompt, Anda hanya perlu mengingat Wget dasar untuk perintah Windows:

wget [URL]

– Untuk menggunakan perintah ini, buka command prompt Windows (klik start> ketik cmd.exe pada kolom pencarian lalu tekan “Enter”).
– Pada command prompt, ketik perintah wget [URL] – jangan lupa untuk mengganti [URL] dengan link yang sebenarnya atau URL dari file yang ingin Anda download. Misalnya, Anda dapat mengetik http://teknogadget.com/filexyz.zip wget kemudian tekan “Enter”.
– Jika perintah wget bekerja, Anda akan dapat men-download file apapun dari World Wide Web dengan mudah.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut perintah wget dasar, Anda dapat merujuk ke link ini.

Hanya ingat bahwa Wget untuk Windows tidak akan berfungsi kecuali jika Anda memenuhi persyaratan sistem berikut.

Windows 95, 98, ME, NT, 2000, XP, 2003, Vista, 7, 2008 (Win32) dengan msvcrt.dll dan msvcp60.dll
libintl-2
libiconv-2
openssl

Jadi itu saja. Anda sudah selesai.

Cara untuk mendownload file dari Command Prompt pada Windows

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*