Bukan Hanya Apple, Produk Samsung pun Resmi Dilarang di Cina

Sebelumnya, pada bulan Agustus lalu, Pemerintah Cina mengumumkan baik pejabat dan pegawai pemerintahan di Cina dilarang menggunakan produk Apple, baik smartphone ataupun tabletnya. Alasan pemerintah memberlakukan larangan tersebut adalah karena masalah privasi.

Seperti yang kita ketahui, ketegangan antara dua negara, Amerika Serikat dan Cina semakin serius. Akan tetapi, tampaknya bukan hanya produk Apple saja yang dilarang di Cina. Saingan berat Apple, Samsung, yang mempunyai markas besar di Korea Selatan sepertinya juga tidak diperbolehkan dipakai oleh pejabat dan pegawai pemerintahan di Cina.

Picture illustration of Samsung Electronics' Galaxy S4 and Apple's iPhone 5 taken in Seoul in this file photo

Lebih lanjut dikatakan bahwa pemerintah Cina memberlakukan larangan pada produk Apple dan Samsung adalah karena Cina ingin meningkatkan dan mengembangkan produk lokalnya. Perusahaan lokal yang digadang-gadang akan menjadi pmasok smartphone bagi pejabat dan pegawai pemerintahan di Cina adalah Huawei.

Huawei sendiri adalah perusahaan pembuat smartphone terbesar, bukan hanya di Cina saja tapi juga di dunia. Dengan memberlakukan larangan pada Apple dan Samsung, Cina berharap kantor dan lembaga resmi di Cina akan mempunyai integritas yang tinggi. Hal ini ditekankan karena pemerintah Cina menduga bahwa NSA telah memata-matai Huawei. Selain itu, diharapkan pejabat dan pegawai pemerintahan di Cina juga akan lebih mencintai produk dalam negeri sendiri.

Selain Apple dan Samsung, produk perusahaan lain yang juga dilarang di Cina diantaranya adalah Microsoft, IBM dan juga beberapa perusahaan barat lainnya. Menurut rumornya, saat in pemerintah Cina sedang berupaya mengembangkan sistem operasi yang berbasis Linux buatan mereka sendiri. Ketika hal ini terjadi, bisa dibayangkan berapa banyak lagi perusahaan yang akan menanggung kerugian dikarenakan oleh larangan pemerintah Cina yang semakin luas, sehingga konsumen produk mereka juga semakin berkurang.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*