Facebook Dilaporkan Akan Mengakuisisi Opera

Facebook saat ini semakin gencar melakukan akuisisi terhadap beberapa perusahaan teknologi, mulai dari aplikasi Instagram hingga pembelian ratusan paten dari Microsoft. Sebelum menawarkan sahamnya ke publik, Facebook memang melakukan berbagai akuisisi tersebut diduga karena untuk menambah portofolio bisnis dari Facebook. Namun kini setelah saham Facebook telah resmi diperdagangkan, nyatanya raksasa jejaring sosial tersebut juga dikabarkan masih terus melakukan akuisisi.

Opera akan diakui sisi FacebookSalah satu kabar terbaru seperti dilansir oleh CNet adalah rencana Facebook untuk melakukan akuisisi terhadap perusahaan yang mengembangkan browser Opera. Browser opera sendiri saat ini dikenal sebagai raja mobile browser karena paling banyak digunakan oleh berbagai perangkat mobile di seluruh dunia.

Rencana akuisisi Facebook atas Opera tersebut diperkirakan ada hubungannya dengan niat Facebook untuk membuat browser miliknya sendiri. Sehingga akuisisi tersebut diperlukan untuk mendukung pengembangannya sekaligus untuk mengurangi pesaing di bidang yang sama.

Karena dengan mengakuisisi Opera maka Facebook tidak harus memulai pengembangan dari awal karena telah memiliki dasar teknologi browser dari Opera yang saat ini sudah sangat dikenal sebagai browser mobile terbaik. Situs teknologi Pocket-Lint menuliskan tentang spekulasi browser yang akan dibuat oleh Facebook.

Browser Facebook nantinya akan dilengkapi berbagai plugin yang ditujukan agar penggunanya tetap terhubung dengan jejaring sosial miliknya sehingga bisa memantau update yang dilakukana dalam jejaring sosial Facebook.

Opera Software memang telah berhasil mengembangkan browser mobile Opera dengan sangat baik. Setelah 2 tahun kehadirannya, browser mobile Opera ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai pengguna perangkat mobile di seluruh dunia banyak yang mempercayakan Opera sebagai alat untuk menjelajahi dunia maya.

Teknologi yang sangat terkenal dari browser mobile Opera diantaranya adalah kemampuan kompresi data yang cukup tinggi. Karena dengan kompresi yang tinggi saat mengakses internet maka akan bisa meningkatkan kecepatan loading sebuah halaman situs. Selain itu bagi yang berlangganan paket data dengan berbasis volume maka akan bisa menghemat kuota koneksi internet.

Perusahaan pembuat browser mobile Opera mengklaim bahwa Opera telah dipakai oleh lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia dari berbagai platform. Pihak Facebook sendiri masih enggan memberikan komentar terkait langkah akuisisi tersebut.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*