Cara Instal Windows 10 Dengan Mudah

Cara Instal Windows

Pada kesempatan ini kami akan menyajikan sebuah informasi mengenai cara install Windows 10 diperangkat laptop atau komputer yang anda gunakan. Seperti yang telah dikabarkan oleh beberapa media informasi yang tersebar di dunia maya, Windows 10 merupkan salah satu sistem operasi terbaru dari Microsoft yang dikatakan sebagai penyempurna atau peramping dari Windows 8. Didalam Windows 10 ini anda bisa melihat start screen yang sebelumnya tidak ada di sistem operasi Windows 8, dan anda pun bisa merasakan keungikan dengan menggunakan dua sistem operasi sekaligus dalam satu perangkat laptop/komputer yang anda miliki.

Cara Instal Windows

Sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa ada beberapa cara alternatif yang bisa anda lakukan untuk menginstall Windows 10 ini, dan salah satunya adalah, dengan melakukan cara Dual-Boot. Meski cara ini cukup aman, akan tetapi tetap anda harus melakukan backup data terlebih dahulu untuk mengantisipasi terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Dan berikut kami sajikan langkah-langkah cara instal Windows 10 untuk anda semua.

Pertama-tama, yang harus anda lakukan adalah menyiapkan ruang hard disk untuk installasi Windows 10. Jika anda memiliki lebh dari satu hardisk di perangkat laptop/komputer anda, maka anda pun bisa langsung menginstall Windows 10 pada hard disk tersebut. Namun, jika anda tidak memiliki hard disk tersebut maka anda harus mempartisi hard disk yang bertujuan untuk menyekat sistem operasi lama dengan sistem operasi baru yang akan anda instal di perangkat Anda.

Untuk melakukan partisi tersebut anda bisa menggunakan Disk Management Utility yang sudah disediakan oleh Windows yang anda gunakan sebelumya. Untuk mengakses Disk Management Utility anda hanya perlu menekan tombol Windows + R, dan ketikan diskmgmt.msc di kota analog Run, lalu tekan enter.

Pada partisi C:\, klik kanan dan pilih Shrink Volume. Disini Microsoft akan mengatakan bahwa Windows 10 memiliki requirement yang sama seperti Windows 8. Untuk versi 64-bit dari Windows 8.1 sendiri membutuhkan ruang penyimpanan sekitar 20 GB. Setelah ruang yang dibutuhkan untuk menginstall Windows 10 sudah tersedia di perangkat anda, maka hal selanjutnya adalah menginstall Windows 10 di perangkat yang anda gunakan baik itu di perangkat komputer maupun laptop.

File installer Windows 10 yang memiliki forma .iso tersebut bisa anda masukan kedalam DVD kosong atau flashdisk yang anda miliki. Dan untuk memasukannya anda bisa mengunakan software Windows 7 USB/DVD Download Tool. Setelah Installer Windows 10 sudah dimasukan kedalam DVD atau flashdisk yang anda miliki, maka anda harus merestart perangkat anda, dan kemudian arahkan flashdisk atau DVD tersebut pada menu booting.

Cara melakukan installasi Windows 10 sama saja dengan anda pada saat menginstall Windows 7 pada umumnya. Dan jika anda sudah melakukan prosesr Installasi Windows 10 dengan benar, maka anda pun dapat memilih salah satu dari sistem operasi yang sudah terpasang didalam perangkat laptop/PC yang anda gunakan. Dan cukup sekian info yang dapat kami sampaikan kepada anda semua mengenai cara instal Windows 10.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*