Facebook Rekrut Orang Apple Untuk Buat Smartphone?

Rencana Facebook untuk membuat sebuah smartphone sendiri memang sudah terdengar kabarnya cukup lama. Namun setelah kabar tersebut beredar masih belum ada lagi kabar selanjutnya yang memberikan keterangan lebih detail. Hingga baru-baru ini mulai kembali beredar kabar bahwa Facebook akan “menghidupkan” kembali rencana untuk membuat smartphone tersebut. Bahkan dikabarkan jika Facebook melakukan perekrutan terhadap beberapa pekerja dari Apple. Para pekerja dari Apple memang diincar karena selama ini dianggap telah berhasil mengembangkan iPad dan iPhone dengan baik.

Facebook memproduksi SmartPhoneKabar yang berhembus itu sendiri datang dari laporan New York Times yang mendapatkan beberapa informasi dari orang dalam Facebook sendiri. Diperkirakan bahwa smartphone yang akan dibuat oleh Facebook dan telah lama menjadi perbincangan tersebut akan diluncurkan secara resmi pada tahun depan. Mengingat hingga kini masih belum ada pernyataan resmi dari Facebook, sehingga untuk melakukan segala persiapan terkait dengan rencana pembuatan smartphone Facebook tersebut diperkirakan paling cepat siap akhir tahun ini.

Rencana tersebut juga terkait dengan beberapa laporan yang menyebutkan bahwa raksasa jejaring sosial itu telah melakukan kerjasama dengan HTC untuk membuat smartphone Facebook tersebut. Setelah usai melakukan proses penawaran saham pertamanya kini Facebook kembali fokus untuk meningkatkan performa bisnisnya. Mulai dari kabar yang menyebutkan bahwa Facebook akan mengakuisisi mobile browser Opera hingga mencuatnya kembali berita tentang rencana pembuatan smartphone Facebook ini.

Berdasarkan informasi dari salah satu karyawan Facebook yang diterima New York Times, Mark Zuckerberg tidak ingin jika situs jejaring sosial besutannya hanya akan menjadi sebuah aplikasi pelengkap yang terdapat di berbagai smartphone buatan dari berbagai vendor. Sehingga Zuckerberg merasa bahwa Facebook perlu membuat sebuah terobosan baru terutama untuk menguatkan posisinya di dunia mobile. Mengingat Facebook sendiri telah melakukan beberapa akuisisi yang berkaitan dengan industri mobile.

Setelah penawaran saham perdana kepada publik (IPO) yang dilakukan Facebook dinilai tidak terlalu berhasil, bahkan sahamnya sempat merosot tajam dari harga awalnya, kini jejaring sosial terbesar dengan 900 juta anggota itu harus berusaha untuk mencari cara lain guna meningkatkan revenue atau keuntungan bagi perusahaan. Hal itu sangat penting untuk tetap mempertahankan kepercayaan para investor yang sempat kecewa karena saham Facebook yang terus melemah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*