Bagaimana mengetahui apakah sebuah software adalah 64-bit atau 32-bit di Windows

Bagaimana mengetahui apakah sebuah software adalah 64-bit atau 32-bit di Windows

Banyak software Windows biasanya memiliki versi 64-bit atau 32-bit. Jika Anda memiliki Windows 32-bit sangatlah penting untuk memahami apakah aplikasi baru Anda adalah 64-bit atau 32-bit. Jika apliaksi adalah 64-bit maka itu tidak akan dapat berjalan pada Windows 64 bit. Jadi bagaimana Anda dapat mengecek apakah sebuah aplikasi adalah 32 bit atau 64 bit?

Bagaimana mengetahui apakah sebuah software adalah 64-bit atau 32-bit di Windows

Aplikasi command-line bernama EXE 64 Detector akan memberitahu Anda apakah software 64 arau 32 bit. Untuk menginstallnya di Windows, buka halaman ini dan klik tombol Download. Itu akan menyimpan file sebagai file ZIP yang dapat Anda extract dengna mengklik-kanan pada file itu, pelih Extract All dan pilih destinasi folder yang diekstrak.

Masukkan cmd di kotak pencarian start menu Windows, klik kanan pada cmd.exe dan pilih “Run as Administrator” untuk membuka Command Prompt. Buka directory dari EXE 64Bit Detector yang telah diextract di Command Prompt dengan memasukkan CD\ diikuti dengan directory yang tepat. Lalu ketika Anda mesuk EXE64Detector, Command Prompt akan menampilkan teks.

Selanjutnya masukkan “EXE64bitDetector -f follower dengan full path dari sebuah paket software. Sebagai contoh, misalnya : EXE64bigDetector -f “C\Program Files\Opera\launcher.exe”. Untuk menemukan path sebuah software, klik kanan pada shortcut software tersebut di desktop dan pilih Properties. Path terdapat di kotak bagian “Target”.

Ketika Anda telah memasukkan path file , tekan ENTER. Kemudian beberapa teks extra akan muncul di jendela Command Prompt Itu juga menyediakan beberapa detail tambahan yang berhubungan dengan status ASLR (Address Space Layout Randomization), SEH (Structured Exception Handling) dan DEP (Data Execution Prevention).

Jadi dengan aplikasi ini Anda dapat menemukan apakah sebuah software 64 bit atau 32 bit. EXE 64bit Detector berjalan sama baiknya di 63 bit atau 32 bit Windows.

About Bahtiar 748 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*