Cara Mengenkripsi Data Pribadi pada Smartphone Android

Akhir-akhir ini smartphone tidak lagi menjadi tempat yang aman untuk menyimpan data pribadi ataupun privasi. Singkatnya, smartphone semakin rentan terhadap gangguan ilegal seperti pembajakan smartphone.

Maka tidaklah mengherankan jika para pengguna smartphone Android dan iOS yang semakin berusaha keras mencari cara agar smartphone yang menyimpan hal-hal yang menyangkut privasi mereka tidak bisa ditembus oleh orang lain. Salah satu caranya adalah dengan mengenkripsi proses data sehingga data pribadi pengguna akan tersimpan lebih rapi dan aman tentunya.

Encrypt Android Smartphone

Sebelum melakukan enkripsi pada smartphone Android anda, sebaiknya anda mengetahui seluk-beluk dari enkripsi tesebut. Jika anda mengenkripsi smartphone Android anda maka data anda akan teracak sehingga tidak bisa terurai dengan mudah. Hanya anda sendiri yang bisa membuka data tersebut pada smartphone anda, dengan cara memasukkan kata sandi yang tentukan pada saat proses enkripsi.

Jangan khawatir, proses enkripsi ini sangatlah mudah. Akan tetapi, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi sebelum memulai proses enkripsi. Jika anda sudah memutuskan untuk mengenkripsi smartphone Android anda maka anda tidak bisa membatalkan enkripsi tersebut, kecuali dengan menghapus semua data dan me-reset ulang smartphone anda tersebut. Jadi, jika anda tidak benar-benar yakin dengan proses enkripsi ini, sebaiknya anda tidak melakukannya sama sekali.

Yang harus anda ingat adalah, proses enkripsi ini membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung besarnya data yang akan anda enkripsi. Waktu yang dibutuhkan antara 30 menit sampai berjam-jam lamanya. Selanjutnya, anda harus membiasakan diri untuk menunggu beberapa saat setiap kali anda menyalakan smartphone anda ketika proses dekripsi terjadi setelah anda memasukkan kata sandi. Untungnya, anda tidak perlu menunggu lama.

Selain itu, sebelum anda memulai proses enkripsi anda harus mengisi baterai anda sampai penuh, jika perlu anda harus memasang smartphone anda pada charger USB karena proses enkripsi membutuhkan waktu yang lama. Dan yang terakhir, anda harus memastikan bahwa tidak akan ada gangguan apapun pada saat proses enkripsi terjadi, karena jika tidak anda akan kehilangan semua data anda.

Anda siap? Setting->Security->Encryption, (anda diharuskan memasang smartphone anda pada charger USB pada tahap ini) ->Encrypt Device->Confirm Your Pin->Encrypt Phone. Selamat mencoba.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*