Prototipe iPad Pertama Terjual Rp 90 Juta di Ebay

Saat akan membuat sebuah perangkat dan sebelum diproduksi secara massal, biasanya produsen akan membuat perangkat uji coba atau prototipe untuk mengetes desain dari perangkat tersebut. Begitu juga dengan tablet iPad yang saat ini banyak diminati oleh para pecinta gadget di seluruh dunia. Tablet besutan Apple itu sebelumnya telah dibuat dalam bentuk prototipe untuk keperluan pengujian kelayakan produk.

Baru-baru ini muncul sebuah perangkat yang ditawarkan di situs lelang Ebay dan diklaim sebagai prototipe iPad pertama. Dalam tampilan perangkat prototipe itu menguatkan rumor yang selama ini beredar tentang desain iPad sebelum diproduksi secara massal. Rumor itu menyebutkan  bahwa awalnya Apple akan menambahkan dua connector dock pada iPad. Namun seperti yang terdapat pada iPad generasi pertama yang dirilis tahun 2010 lalu hingga yang beredar saat ini hanya menggunakan satu konektor.

Prototipe iPad pertama yang dilelang di eBay
Prototipe iPad pertama yang dilelang di eBay

Dari lelang yang diadakan di eBay atas perangkat prototipe iPad pertama tersebut telah laku terjual dengan harga $10.200 atau sekitar Rp 97 juta, yang awalnya ditawarkan pertama kali sebagai harga pembuka sebesar $4.800. Prototipe iPad yang dilelang tersebut masih bisa berfungsi dengan kapasitas penyimpanan sebesar 16 GB. Perangkat ini dilengkapi dengan dua connector dock yang berada di bagian bawah dan samping kiri iPad. Adanya dua connector dock tersebut ditujukan agar pengguna dapat lebih mudah dalam menghubungkan connector dock baik pada posisi portrait maupun landscape.

Namun karena pertimbangan desain agar lebih simple dan minimalis, maka Apple akhirnya memutuskan untuk hanya memakai satu connector dock saja pada iPad. Sehingga untuk iPad yang dirilis secara hanya dilengkapi dengan satu connector dock yang terletak di bagian bawah, dan menghilangkan connector dock lainnya yang berada di bagian samping kiri.

Dari bukti-bukti yang disertakan pada dokumen lelang yang berbentuk foto-foto, memperkuat klaim bahwa perangkat tersebut benar-benar sebuah prototipe iPad yang dibuat oleh Apple. Bukan merupakan sebuah barang palsu atau rekaan yang dibuat mirip dengan konsep iPad tersebut. Dalam sebuah foto juga terlihat perangkat tersebut menjalankan aplikasi “SwitchBoard” yang biasa digunakan oleh Apple untuk melakukan pengujian pada sebuah perangkat.

Nama “iPad” tidak terlihat pada casing yang membungkusnya, namun terdapat angka-angka di bagian belakang dan bingkai layar yang diduga sebagai nomor identifikasi perangkat prototipe. Apple mempunyai kebiasaan untuk menghancurkan semua perangkat prototipe yang sudah tidak terpakai, sehingga lolosnya satu buah prototipe ini ke eBay membuatnya sangat diburu hingga terjual dengan harga yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*