Bagaimana menjalankan aplikasi Android di Chrome

cara menjalankan aplikasi Android di Chrome

Emulator Android tidak lagi baru. Jadi jika dalam kasus, Anda merasa perlu untuk menjalankan aplikasi pada PC Anda, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan emulator. Bicara seputar Android, apakah Anda tahu bahwa Anda juga dapat memuat atau menjalankan aplikasi Android di Chrome seolah-olah mereka seperti ekstensi browser asli ?

cara menjalankan aplikasi Android di Chrome

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang hal itu, silahkan lanjutkan membaca artikel ini.


Bagaimana menjalankan aplikasi Android di Chrome

* Membuat file ZIP dari perangkat Android Anda

– Pada ponsel Android atau tablet Android Anda, pergi ke Play Store kemudian download dan menginstal Archon Packager“.
Setelah terinstal, buka aplikasi dari laci aplikasi Anda.
Tekan Next” segera setelah Anda melihat layar selamat datang.
Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih opsi. Anda dapat memilih antara Installed applicationatau Select an APK from phone’s storage“. Jika Anda ingin membuat paket ZIP dari aplikasi yang terinstall saat ini, pilih yang pertama.
Tunggu sementara Archon Packager memuat daftar aplikasi yang diinstal di ponsel Anda. Pilih aplikasi yang Anda ingin jalankan di Chrome (misalnya Twitter).
Setelah membuat pilihan Anda, pilih mode perangkat dan orientasi untuk aplikasi Chrome Anda. Dalam modus perangkat, Anda dapat memilih antara Phone mode” dan Tablet mode“. Adapun orientasi, Anda dapat memilih apakah akan menampilkan aplikasi Anda dalam modus potret atau landscape.
Jika Anda ingin opsi tambahan, cukup centang pilihan Enable access to app files on PC/Chrome” dan Enable ADB”  di bawah Other Settings”. Tekan Next” kemudian tunggu sementara Archon Packager memproses aplikasi Anda.
– Anda akan diberitahu segera setelah konversi aplikasi Anda selesai.
Penting: Jangan menutup aplikasi , lanjutkan ke langkah berikutnya.

Mentransfer paket ZIP dari perangkat Android ke PC

Jadi sekarang bahwa paket ZIP Anda siap, Anda perlu untuk mentransfer ke PC Anda sehingga Anda akhirnya dapat memuatnya di Chrome.
Untuk melakukannya, Anda perlu menekan tombol Share Chrome Application” pada aplikasi Archon Packager segera setelah selesai dengan konversi.
Selanjutnya, Anda perlu untuk mengirim atau mentransfer file ke PC Anda melalui Bluetooth, WiFi, dll Tergantung pada ukuran paket ZIP Anda, Anda juga dapat memilih untuk mentransfer melalui Dropbox atau Google Drive.
Setelah transfer, jangan lupa untuk unzip paket app kemudian menyimpan file yang diekstrak pada direktori file terpisah atau folder.
Sekarang, buka Chrome kemudian klik di sini untuk men-download Archon Custom Runtime yang sesuai untuk sistem anda. Simpan file ZIP ke komputer Anda kemudian unzip isinya di folder terpisah.
Pergi ke halaman ekstensi dengan mengetikkan chrome: //extensions pada address bar lalu tekan Enter”.
Pada halaman ekstensi browser Anda, klik Developer Mode kemudian memuat ekstensi Archon Custom Runtime sebagai unpacked extension.
Sama seperti dengan Archon Custom Runtime , muat aplikasi Android yang telah Anda konversi sebagai ekstensi unpacked extension.
Pergi ke halaman Chrome Apps. Di sana, Anda akan dapat menemukan aplikasi Android yang ingin Anda jalankan di Chrome.
Klik dan tunggu sampai load.

Hanya perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi dapat berjalan dengan baik menggunakan metode ini. Ini seperti sebuah trial and error dasar , Archon Runtime mungkin menjadi tidak stabil ketika sedang dimuat pada sistem selain Chrome OS. Anda juga perlu memastikan bahwa browser Chrome sudah diperbarui ke Chrome 37 atau lebih tinggi.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*