Bagaimana untuk mengetahui apakah sebuah URL singkat aman untuk klik di Chrome

Bagaimana untuk mengetahui apakah sebuah URL singkat aman untuk klik di Chrome

Tidak semua link dipersingkat (shortened url) aman untuk diklik. Beberapa dari mereka mengandung konten berbahaya dan ancaman potensial lainnya. Jika Anda tidak ekstra hati-hati, Anda bisa berakhir mengklik link berbahaya. Link berbahaya biasanya mengandung adware, virus dan bahkan spyware. Mereka juga sangat umum di situs media sosial dan komunitas online.

Bagaimana untuk mengetahui apakah sebuah URL singkat aman untuk klik di Chrome
Hal yang baik adalah Anda dapat melindungi diri dari ancaman berbahaya. Selain menjadi ekstra waspada, Anda benar-benar perlu untuk menghindari mengklik link yang berasal dari email yang tidak diinginkan dan pesan langsung.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan alat sederhana yang dapat langsung menunjukkan URL sebenarnya dari link yang dipersingkat. Anda hanya perlu menempatkan kursor mouse ke link yg diperpendek dan hanya itu.

Bagaimana untuk mengetahui apakah link singkat aman untuk klik di Chrome

Di Chrome, Anda dapat dengan mudah mengungkapkan URL sebenarnya dari link singkat tanpa mengkliknya.
– Pertama, Anda harus men-download dan menginstal ekstensi browser gratis yang disebut LinkPeelr”.
Setelah terinstal, ekstensi akan berjalan di latar belakang. Anda tidak benar-benar perlu melakukan konfigurasi tambahan.
Selanjutnya, buka tab baru dan pergi ke sebuah situs atau halaman di mana Anda dapat melihat link dipersingkat. Sebagai contoh, Anda bisa pergi ke Twitter atau Facebook. Cari posting dengan link singkat.
Setelah itu, arahkan kursor mouse Anda ke link yang dipersingkat. Tunggu sebentar dan Anda akan melihat sebuah kotak overlay tepat di bawah link. Ini akan menampilkan URL yang sebenarnya sehingga Anda akan memiliki gambaran umum apakah link tersebut aman untuk klik atau tidak.

Cara untuk mengetahui apakah link tersebut aman untuk klik atau tidak di Chrome

Meskipun demikian, hati-hati untuk cloaked links karena link tersebut yang secara otomatis mengarahkan Anda ke blog atau situs yang tidak dikenal.

Yang paling penting, jangan lupa aturan standar. Berpikirlah sebelum Anda klik.

About Bahtiar 748 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*