Cara melihat dan mengubah program startup pada Windows

Cara melihat dan mengubah program startup pada Windows

Program startup adalah program yang secara otomatis diluncurkan pada startup. Selain itu, program ini dapat mempengaruhi kecepatan komputer Anda dan kinerjanya. Hal ini juga dapat memperlambat waktu boot komputer Anda.

Cara melihat dan mengubah program startup pada Windows

Jika komputer Anda berjalan pada Windows 7, Anda dapat melihat dan mengubah program startup dengan melakukan langkah-langkah berikut.


Cara melihat dan mengubah program startup di Windows 7

Pada desktop Windows Anda, klik tombol “Start” lalu ketik run” pada kotak pencarian.

Pilih Run” dari hasil pencarian untuk membuka kotak dialog tersebut.
Selanjutnya, ketik “msconfig” pada kotak dialog kemudian klik OK”.

Jendela konfigurasi sistem akan muncul di layar Anda. Pada jendela tersebut, klik tab Startup”.
Di bawah tab Startup, Anda akan melihat daftar program yang dikonfigurasi untuk berjalan di startup. Hapus tanda centang pada kotak di sebelah program yang ingin Anda nonaktifkan pada startup. Hanya berhati-hati ketika menonaktifkan beberapa program. Periksa program pertama untuk melihat fungsi program tersebut. Jika Anda berpikir bahwa program ini aman untuk dinonaktifkan. Misalnya, Anda dapat hapus centang Skype” untuk mencegah berjalan pada startup.

Klik OK” untuk konfirmasi.
Selain itu, Anda mungkin menemukan beberapa program dalam folder Startup. Untuk menonaktifkan program ini, buka folder Startup dari Start> All Programs“, klik kanan pada program yang ingin Anda hapus atau menonaktifkan lalu klik Delete”.

Mudah kan ?

Tip tambahan: Anda dapat langsung mengkonfigurasi setiap program atau aplikasi untuk mencegah berjalan pada startup. Cukup pergi ke pengaturan program kemudian temukan pilihan untuk enable/disable pada Startup.

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*