Cara otomatis menghapus duplikat event di Google Calendar

Google Calendar adalah alat yang handal yang dapat Anda gunakan untuk melacak dan mengelola berbagai kegiatan. Kekurangannya ialah, Anda tidak dapat secara otomatis mengidentifikasi dan menghapus duplikat event. Jadi jika  ada saat-saat di mana Anda sudah memasukan secara keliru acara yang sama dua kali, Google Calendar tidak akan memberitahu Anda bahwa acara tersebut sudah ada. Anda perlu secara manual mencarinya.

Untungnya, ada cara mudah untuk secara otomatis menghapus duplikat event di Google Calendar. Hal ini dapat dimungkinkan melalui penggunaan aplikasi pihak ketiga. Untuk metode ini, Anda akan perlu menggunakan web browser Chrome Anda.


Bagaimana cara otomatis menghapus duplikat event di Google Calendar

Download dan kemudian instal aplikasi browser pihak ketiga gratis yang disebut “Delete & Edit Multiple Google Calendar Events”.
Setelah Anda berhasil menginstal aplikasi tersebut, buka atau jalankan dari peluncur aplikasi Chrome.
Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman GCalToolKit online. Anda dapat membiarkan bagian register akun baru  kosong untuk menjalankan demo gratis.

Apa selanjutnya? Cukup klik tombol “Connect to Google Calendar”.
Hubungkan akun Google Calender yang Anda inginkan. Klik “Accept” pada halaman konfirmasi untuk melanjutkan.
Pada halaman berikutnya, Anda akan melihat daftar kalender yang Anda gunakan. Pastikan bahwa kalender yang ingin Anda periksa terdaftar.

Klik “Next” untuk konfirmasi.
Sekarang,pilih kalender yang ingin Anda load.
Klik tombol “Load my Calendar into GCalToolKit” untuk konfirmasi.
Pada halaman hasil, gulir ke bawah untuk melihat daftar peristiwa/event. Duplikat event akan secara otomatis ditandai dan disorot dalam warna merah.
Untuk menghapus peristiwa duplikat tersebut, pastikan bahwa Anda mencentang entri yang sesuai di bawah bagian “Remove”.
Klik tombol “SYNC TO GCal” untuk melanjutkan dengan permintaan Anda.
Itu saja.
Perubahan yang Anda buat akan secara otomatis disinkronisasikan ke Google Calendar.

Jadi jika Anda mengalami masalah dengan terlalu banyak duplikat event di Google Calendar, cukup lihat panduan ini. Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*