Cara cepat menyimpan pesan email sebagai PDF di Google Drive

Cara cepat menyimpan pesan email sebagai PDF di Google Drive

Jika apa yang Anda inginkan adalah untuk menyimpan salinan email Anda dalam format PDF dan untuk menyimpannya di Google Drive, maka Anda beruntung. Posting ini akan mengajarkan langkah-langkah  cara untuk cepat menyimpan pesan email Anda di Gmail sebagai PDF di Google Drive. Jadi silahkan baca terus untuk mengetahui bagaimana caranya. Namun perlu di perhatikan bahwa ini hanya akan bekerja jika Anda menggunakan Gmail di Chrome.

Cara cepat menyimpan pesan email sebagai PDF di Google Drive

Cara cepat menyimpan pesan email sebagai PDF di Google Drive (Chrome saja)

Pertama dan terpenting, Anda perlu men-download aplikasi browser Chrome gratis yang disebut “emails2drive”. Install aplikasi tersebut ke browser web Anda.
Setelah menginstal emails2drive, jalankan dari halaman aplikasi Chrome.
Aplikasi
kemudian akan meminta Anda untuk mengotorisasi akses ke akun Gmail dan Google Drive. Cukup klik “Accept” untuk mengotorisasi.
Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman konfigurasi aplikasi. Dalam halaman konfigurasi, Anda akan disajikan dengan petunjuk cara untuk membuatnya bekerja.

Selanjutnya, pergi ke akun Gmail Anda dan membuat label baru. Untuk membuat satu label baru, cukup klik salah satu email di inbox Anda dan kemudian pada toolbar atas, pilih “Label” kemudian pilih “Create New”.
Pada kotak dialog yang muncul ketik “emails2drive” di bawah nama label baru dan kemudian klik “Create”.

Setelah membuat label tersebut, kembali ke kotak masuk Anda dan kemudian pilih semua email yang ingin Anda simpan sebagai PDF ke Google Drive. Pindahkan email ini ke label “emails2drive”.

Sekarang, kembali ke halaman konfigurasi emails2drive dan pilih “Runyour  emails2drive “. Pilih “Manual” lalu klik “Start”. Tunggu setidaknya 6 menit agar aplikasi memproses permintaan Anda.

Setelah selesai, pergi ke account Google Drive Anda dan cari folder bernama “emails2drive-yourusername”. Buka folder tersebut dan pergi ke sub-folder “email-yourusername”.

Di sana, Anda akan melihat semua email yang secara otomatis dikonversi oleh aplikasi ke dalam dokumen PDF. Cukup klik pada salah satu dokumen untuk membuka salinan email Anda dalam format PDF.

Jadi itu saja. Anda sudah selesai.

About Bahtiar 748 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*