Tips Membeli Gadget untuk Anak

Sebagaimana hasil survei organisasi kenamaan Hottest Insight (IHI) 2013 silam, sebagian besar anak-anak meminta hadiah Gadget kepada orang tuanya menjelang kenaikan kelas. Tercatat ada sekitar 35% anak yang memilih perangkat tablet, sementara 51% menentukan pilihannya jika menjadi juara kelas dengan permohonan untuk dibelikan ponsel bermerek dan tentu saja yang mereka sukai.

Tips Membeli Gadget untuk Anak

Tak dapat dipungkiri memang, kebutuhan akan informasi teknologi kian meroket. Namun begitu, dalam konteks anak-anak, hingga saat ini masih belum ada solusi untuk perdebatan mengenai baik atau tidaknya perangkat Gadget untuk anak-anak. Pun halnya jika menengok dampak yang akan ditimbulkannya, Gadget sangat berpengaruh bagi kelangsungan hiburan dan pendidikan. Hal ini tentu saja sangat sesuai dengan perkembangan anak-anak jaman sekarang, yang mulai meninggalkan cara tradisional dan kemudian beralih ke modernitas untuk mencapai kesempurnaan belajar dan hiburan.

Bagi sebagian besar orang tua, keputusan untuk membelikan Gadget yang diperuntunkan kepada anaknya pun masih terbilang ragu-ragu. Di sini kata ragu diartikan bahwa ketidakpastian orang tua dalam memilih Gadget yang cocok. Nah, untuk itulah kami berinisiatif untuk memberikan penjelasan mendetail soal pembelian Gadget untuk anak. Berikut ini beberapa hal penting yang dapat Anda simak mengenai tips memilih Gadget untuk putra-putri kesayangan Anda.

Tujuan
Anda perlu menjabarkan apa tujuan yang sebenarnya dalam pembelian Gadget untuk anak. Apakah itu hanya sekadar hiburan hingga sebagai sarana pembelajaran elektronik. Oleh sebab itu, maka Anda harus pastikan betul tujuan Anda membelikan anak Anda perangkat Gadget kesukaannya.

Harga
Dalam hal ini, orang tua kerapkali mengalami kendala saat memilih Gadget dengan pertimbangan harga. Kami menyarankan bahwa Anda sebaiknya memilih Gadget yang berbanderol murah, namun memiliki spesifikasi mumpuni. Sekarang ini banyak sekali vendor ternama yang memproduksi perangkat Gadget berspesifikasi unggulan dan fitur lengkap, dan memiliki satu kelebihan yakni harga bersaing.

Koneksi Internet
Pastikan bahwa Gadget yang akan dibeli memiliki koneksi internet. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang kelancaran belajar anak Anda. Karena pada dasarnya, jaman sekarang informasi dapat ditemui di mana saja, tak terkecuali di internet. Untuk teknisnya, Anda bisa memilih Gadget dengan fitur yang memudahkan untuk terhubung ke internet. Seperti misalnya ada fitur Wi-Fi, 3G, dan lain sebagainya.

Kapasitas Memori
Apabila sang anak ingin menyimpan informasi mengenai file-file penting berupa dokumentasi pembelajaran, misalkan dalam bentuk artikel ataupun video, maka tentu saja dibutuhkan kapasitas memori yang cukup besar. Anda disarankan untuk memilih Gadget dengan kapasitas memori mencukupi, dan disarankan pula untuk membelikan perangkat tambahan seperti microSD (memori eksternal) sebagai alat ekspansi penyimpanan data.

Kamera
Satu lagi faktor penting yang harus diperhatikan dalam pembelian Gadget untuk anak. Adalah fitur kamera, di mana fitur ini akan sangat berguna dalam perkembangan sang anak di bidang fotografi. Sebab anak memiliki sifat yang gemar bereksplorasi dan mengambil fotor. Selain itu, juga tersemat manfaat lain seperti halnya untuk menangkap gambar hewan ataupun tumbuhan sehingga akan terasah pula rasa ingin tahu sang buah hati.

Demikian beberapa hal yang dapat kami sampaikan, semoga Anda dapat segera menemukan kejelasan dalam rencana pembelian Gadget untuk anak setelah membaca tips membeli gadget untuk anak di atas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*