Cara membuat grafik Gantt secara online

Cara membuat grafik Gantt secara online

Gantt chart biasa digunakan untuk bekerja dan manajemen proyek. Gantt chart pada dasarnya menunjukkan jumlah total kerja yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Ini membantu Anda melacak kemajuan pekerjaan Anda dan tonggak proyek.

Cara membuat grafik Gantt secara online

Omong-omong, ada jenis tertentu dari perangkat lunak atau aplikasi manajemen proyek dengan built-in dukungan untuk grafik Gantt. Sekarang, bagaimana jika Anda tidak memilikinya? Nah, dalam hal ini, Anda dapat memilih untuk alternatif online gratis seperti yang disebutkan di posting ini.


Cara membuat grafik Gantt secara online

Buka browser web Anda. Anda bebas untuk menggunakan browser web (Chrome, Firefox, Opera, dll).
Selanjutnya, pergi ke “Gantt Chart Creator” aplikasi berbasis web dariCreately.
Setelah Anda berada di Gantt Chart Creator, Anda dapat melihat daerah kerja dan serta sekelompok alat dan pilihan-pilihan yang bisa digunakan. Buat dokumen baru dan kemudian klik “Template” di toolbar atas untuk memulai.

Pada daftar Template, pilih “Gantt Charts ” dan kemudian klik Gantt Template grafik yang ingin Anda gunakan. Klik pilihan “Use”  tepat di bawah template yang telah Anda pilih untuk konfirmasi. Untuk panduan ini, kita akan menggunakan template sederhana yang dapat digunakan untuk hampir semua jenis proyek atau tugas.

Setelah template telah dimuat, klik pada salah satu elemen dan objek yang ada. Untuk mengedit teks dan judul, klik pada teks yang ingin Anda edit dan kemudian pilih pilihan “Edit Text”.

Untuk obyek, klik objek yang ingin Anda edit dan kemudian klik “Properties”. Pada panel properties, edit bagian yang ingin Anda edit seperti posisi bar, ukuran bar, satuan waktu, durasi, persentase penyelesaian, dll

Namun perlu diingat bahwa cara bagaimana Anda mengedit objek pada grafik Gantt Anda biasanya akan tergantung pada jenis template yang Anda gunakan. Untuk Gantt chart sederhana, Anda biasanya akan perlu menempatkan setidaknya dua bar untuk setiap periode, satu untuk “planed” dan yang lainnya untuk “actual”.
Jadi setelah Anda selesai membuat grafik Gantt Anda, cukup klik ikon “Save”  di toolbar atas untuk men-download dan menyimpan grafik Anda.  diingat bahwa Anda akan diminta untuk mendaftar atau login sebelum Anda dapat menyimpan grafik Anda.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*