Cara mengirim file dan folder terenkripsi pada Windows

Cara mengirim file dan folder terenkripsi pada Windows

Pada Windows, ada cara yang berbeda untuk mengirim atau berbagi file. Anda dapat berbagi file secara lokal atau melalui web. Masalahnya adalah tidak ada banyak penekanan pada keamanan sharing  sehingga selalu ada risiko file Anda dicuri. Untuk mencegah hal seperti itu terjadi, Anda dapat mengambil langkah-langkah pencegahan seperti mengenkripsi file Anda.

Cara mengirim file dan folder terenkripsi pada Windows

Jika Anda ingin belajar bagaimana cara mengenkripsi file dan folder pada Windows tepat sebelum membagikannya, maka di sini adalahcara melakukannya.


Cara mengirim file dan folder terenkripsi pada Windows

Pertama, Anda perlu men-download aplikasi “Encrypto” dari halaman ini. Simpan file ke komputer Anda.
Setelah download selesai, klik dua kali file aplikasi “EncryptoforWin.exe”  di komputer Anda.
Ikuti petunjuk pada layar untuk menginstal perangkat lunak Encrypto.
Setelah berhasil diinstal, buka atau jalankan Encrypto dari desktop atau program file Anda.

Tepat setelah membuka perangkat lunak, Anda dapat langsung men-drag dan drop file atau folder yang ingin Anda enkripsi dan berbagi. Dengan perangkat lunak ini,  Anda dapat mengenkripsi dan berbagi hampir semua jenis file seperti foto, dokumen, spreadsheet, audio, video, ZIP, RAR, PDF, dll Dengan Encrypto, Anda dapat memilih untuk mengenkripsi dan berbagi beberapa file sekaligus.

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan sandi enkripsi yang Anda inginkan untuk file. Anda juga bisa memasukkan password hint tapi itu opsional. Hanya perlu dingat bahwa jika Anda lupa password Anda, tidak ada cara untuk memulihkannya. Klik “Encrypt” untuk konfirmasi.


Tunggu beberapa saat Encrypto mengenkripsi file Anda atau folder Anda.Perangkat lunak mengatakan menggunakan enkripsi AES-256 untuk mengamankan file Anda sehingga Anda akan merasa lebih percaya diri bahwa itu tidak akan mudah didekripsi oleh siapapun.

Setelah file atau folder telah berhasil dienkripsi, cukup klik tombol “Save as” untuk menyimpannya ke drive lokal Anda. Setelah itu, Anda dapat dengan bebas berbagi file yang telah dienkripsi melalui Bluetooth, USB, email, Dropbox, dll Jangan lupa untuk menutup Encrypto segera setelah Anda selesai.

Setelah penerima menerima file terenkripsi, yang  dia perlu lakukan adalah untuk double-klik di atasnya dan kemudian masukkan password yang benar untuk mendekripsi file.

Itu dia. Kamu sudah selesai.

Anyways, hal yang baik tentang Encrypto adalah  juga mendukung Mac sehingga Anda dapat dengan mudah mengirim file terenkripsi dari Windows ke Mac atau sebaliknya.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*