Cara men-download dan menyimpan semua lampiran Gmail ke Google Drive

Cara men-download dan menyimpan semua lampiran Gmail ke Google Drive

Di Gmail, Anda dapat melakukan pencarian dengan filter. Anda dapat mencari email dengan lampiran tapi masalahnya adalah, Anda tidak dapat men-download semua lampiran tersebut sekaligus dan kemudian menyimpannya ke akun Google Drive Anda. Hal yang baik adalah ada solusi alternatif. Jadi jika Anda ingin belajar bagaimana hal itu dapat dilakukan,  ikuti langkah-langkah yang tercantum dalam posting ini.

Cara men-download dan menyimpan semua lampiran Gmail ke Google Drive

Cara men-download dan menyimpan semua lampiran Gmail sekaligus untuk Google Drive

Pertama, Anda harus membuat spreadsheet melalui Google Docs atau Google Drive. Pastikan bahwa akun Drive yang Anda gunakan adalah sama dengan akun Gmail Anda.
Pada spreadsheet baru, pergi ke “Add-ons” dan kemudian menginstal add-on yang disebut “MAD”. Anda dapat langsung menginstal add-on dari link ini.

Setelah add-on tersebut telah diinstal, kembali ke menu “Add-ons” dan kemudian pilih “MAD”> “Download mail attachments”.
Pada jendela overlay yang muncul, atur kondisi yang Anda inginkan untuk lampiran email yang Anda ingin ambil serta lokasi di mana Anda ingin menyimpannya.

Misalnya, di bagian  “Emails with attachments you want to fetch”, Anda dapat menunjukkan email mana lampiran Anda berasal  label serta periode. Adapun lokasi lampiran Google Drive  yang ingin Anda simpan, Anda dapat mengatur folder induk, struktur folder, nama file tujuan, dll
Setelah Anda sudah siap, klik “Start”.

Anda kemudian akan menerima pemberitahuan apakah ada cukup ruang di Google Drive bagi Anda untuk menyimpan lampiran Anda. Klik “Continue” untuk konfirmasi.


Tunggu beberapa saat add-on download lampiran Anda. Setelah selesai, semua lampiran download Anda akan terdaftar pada spreadsheet bersama-sama dengan link masing-masing atau lokasi di Google Drive.

Anda kemudian dapat pergi ke Google Drive aNDA untuk memeriksa semua lampiran yang telah Anda selamatkan dari Gmail menggunakan MAD.

Jadi itu saja. Anda sudah selesai.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 748 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*