Bagaimana mengetahui apakah sebuah link aman atau tidak di Firefox

Bagaimana mengetahui apakah sebuah link aman atau tidak di Firefox

Tidak semua link itu aman. Beberapa link membawa Anda ke situs yang berisi malware. Beberapa link akan membawa Anda ke halaman palsu di mana Anda terikat untuk menyediakan informasi pribadi Anda seperti alamat dan rincian kartu kredit Anda. Yang terakhir ini sangat umum terutama ketika Anda sedang mencari produk tertentu untuk membeli secara online. Ada juga situs yang tampaknya legit dengan link eksternal ke toko-toko secara online tanpa jaminan. Jadi mengapa mengambil risiko itu ketika Anda dapat mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan seperti mencari tahu terlebih dahulu apakah link di halaman yang benar-benar aman atau tidak?

Bagaimana mengetahui apakah sebuah link aman atau tidak di Firefox

Pada Firefox, berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan.


Bagaimana untuk mengetahui apakah link di suatu halaman aman atau tidak di Firefox

Jalankan web browser Firefox Anda dan kemudian pergi ke halaman resmi add-on “Secure Or Not”.
Ambil add-on untuk browser Anda dan ketika diminta oleh dialog instalasi, klik “Install”.
Sebelum itu terinstal, Anda akan diminta untuk me-restart browser Anda pertama.
Setelah restart, Anda bisa pergi ke Anda Firefox add-ons manager untuk memeriksa apakah add-on telah berhasil diaktifkan.

Anda juga dapat mengubah pengaturan add-ons default dengan mengklik “Options”. Dalam dialog pilihan, Anda dapat memilih untuk “Ignore link” ketika memeriksa halaman web.
Oke, pindah, cukup membuka halaman web atau situs yang Anda inginkan.

Untuk memeriksa link situs, cukup klik-kanan pada area kosong dan kemudian pada menu konteks, pilih “Secure Or Not”.

Itu saja.  link aman akan tertutup dalam garis patah hijau sedangkan yang kurang aman (http) link akan tertutup dalam garis patah merah.

Perlu dicatat bahwa bahkan jika link ditandai sebagai tidak aman, Anda masih bisa mengunjunginya. Ini biasanya aman terutama jika link tersebut hanya melink ke posting blog lain atau artikel lain. Namun, jika link tidak aman mengarah ke bentuk atau halaman yang memerlukan kredensial login Anda, lebih baik menghindarinya. Halaman mungkin berisi malware dan bentuk lain dari ancaman online.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*