Bagaimana menetapkan tugas untuk beberapa pengguna melalui Google Docs

Bagaimana menetapkan tugas untuk beberapa pengguna melalui Google Docs

Ketika bekerja pada sebuah dokumen menggunakan Google Docs, Anda dapat mengundang orang lain untuk berkerja  kolaboratif. Hal ini memungkinkan beberapa pengguna untuk secara bersamaan mengedit dokumen yang sama sehingga membuat lebih mudah bagi Anda dan tim Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Masalahnya adalah Google Docs tidak memiliki fitur terintegrasi yang akan memungkinkan Anda untuk menetapkan tugas untuk pengguna tertentu. Untungnya, ini masih bisa dimungkinkan melalui penggunaan ekstensi pihak ketiga Chrome.

Bagaimana menetapkan tugas untuk beberapa pengguna melalui Google Docs

Bagaimana menetapkan tugas untuk beberapa pengguna melalui Google Docs (Chrome saja)

Jalankan Chrome untuk desktop dan klik di sini untuk men-download dan menginstal “Action” ekstensi untuk browser Anda.
Setelah terinstal, cukup masuk ke Google Docs. Anda dapat membuat dokumen baru atau mengedit dokumen yang ada.
Pada tab dokumen Anda, klik tombol “Start Action” di menu kanan atas. Klik “New Attendee” untuk menambahkan pengguna baru untuk dokumen Anda. Ini adalah pengguna yang akan Anda memungkinkan untuk mengedit dokumen Anda pada real-time. Cukup masukkan nama peserta dan email pada form yang tersedia kemudian klik “Add Attendee” untuk konfirmasi. Daftar pengguna dan tugas masing-masing akan ditampilkan pada kotak Actions.

Selanjutnya, Anda sekarang sudah siap untuk memberikan tugas kepada setiap pengguna. Jadi pergi ke depan dan klik nama pengguna tertentu pada kotak Actions.
Pada “Type a task for User to do here”, masukkan tugas yang ingin Anda tetapkan untuk pengguna tertentu lalu tekan “Enter”. Setelah tugas dibuat, klik ikon kalender untuk mengatur batas waktu.

Jadi itu saja. Silahkan ulangi langkah-langkah yang disebutkan di atas untuk membuat lebih banyak tugas untuk setiap pengguna. Anda juga dapat memilih untuk mengekspor tugas Anda untuk spreadsheet sehingga Anda dapat memeriksa apakah tugas masih berlangsung atau sudah selesai.

Ini cukup sederhana dan efisien. Silahkan dicoba !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*