Dengan semakin berkembangnya teknologi canggih saat ini, kebutuhan berbelanja pun tidak perlu lagi dilakukan dengan keluar rumah. Belanja online kini semakin menjadi tren untuk kemudahan mendapatkan berbagai barang tanpa harus datang ke tempat penjual yang mungkin lokasinya cukup jauh. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk membuka toko online maupun berjualan online dengan memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Untuk bisa sukses berjualan online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar konsumen tidak kecewa dan justru tertarik untuk membeli kembali barang-barang di toko online Anda. Simak beberapa tips berjualan online berikut ini.

Tips jitu agar sukses jualan online

1. Berikan yang terbaik

Jika kita menawarkan sebuah barang melalui media online tentu saja agar barang sampai ke konsumen harus melalui jasa pengiriman. Pastikan Anda mengirimkan barang dengan kondisi yang paling baik dan memilih jasa pengiriman yang berkualitas, tentunya dengan ongkos kirim yang sebelumnya telah disepakati. Dengan memberikan barang dengan kondisi terbaik sangat penting untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap toko online Anda. Mengingat konsumen tidak melihat kondisi barang sebelum membelinya, sehingga Anda tidak boleh mengecewakan konsumen. Apalagi jika barang yang dikirim tidak sesuai dengan harapan konsumen, untuk melakukan pengembalian barang atau retur juga membutuhkan tambahan biaya pengiriman.

2. Ciptakan kenyamanan belanja pada konsumen

Selain menggunakan iklan yang menonjolkan beberapa kelebihan produk, akan lebih baik jika Anda bisa langsung “hadir” di berbagai media online agar kesempatan konsumen untuk berbelanja menjadi lebih banyak dan mudah. Seperti yang kita tahu saat ini para pengguna internet selain mengakses toko online juga membuka review produk dari sebuah blog, Facebook, dan media-media lain. Akan sangat bagus jika Anda bisa menyediakan akses terhadap barang yang Anda jual dari berbagai media online tersebut. Kemudian Anda juga harus berkomitmen untuk merespon pertanyaan atau keluhan pelanggan dengan cepat. Support kepada pelanggan akan mempererat hubungan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

3. Berikanlah “cerita” untuk pelanggan

Banyak toko online yang melupakan kekuatan bercerita kepada konsumen. Cerita ini bisa bermacam-macam, misalnya bagaimana awal mulanya Anda mendirikan toko online, alasan Anda membuat toko online, pengenalan produk yang Anda jual, dan lain-lain. Hal ini akan bisa menarik pelanggan dan memperkuat ikatan antara penjual dan pelanggan dibandingkan dengan memberikan diskon yang bersifat sementara.

4. Perhatikan kompetitor

Dengan semakin banyaknya orang yang memanfaatkan media online untuk berjualan tentu saja membuat persaingan menjadi lebih ketat. Karena itu Anda juga harus memperhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda. Setelah itu Anda bisa membuat sebuah inovasi baru yang bisa membuat toko online Anda menjadi lebih unggul dan tidak ketinggalan tren berjualan di dunia online.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda sehingga usaha online anda jadi lebih maju dan berkembang.