Cara unlock bootloader di Google Nexus 6P

Ketika kita berbicara tentang bootloarder, maka kita sedang berbicara tentang code yang berjalan pada sebuah eprangkat sebelumnya sistem operasi Android berjalan. Kunci untk mengerti bootloader adalah pada namnya itu sendiri. Itu adalah pemuatan kode selama proses booting.

Google Nexus 6P memiliki sebuah bootloader sama halnya dengan setiap perangkat Android lainnya. Untuk meng-unlock bootloader pada Nexus 6P adalah dengan membuka perangkat Anda sehingga dapat mem-flash custom firmware. Jika Anda mau root dan mengisntall sebuah custom ROM, pertama Anda harus meng-unlock bootloader pada Nexus 6P. Mengunlock bootloader pada Google Nexus selalu mieip. Pertama Anda harus memasukan smartphoen Neus kedalam bootloader mode. Dari sana, Anda harus membuka command prompt dan mengetikan beberapa kode. Anda lalu perlu membaca instruksinya pada layar perangkat Anda dan taklama Anda akan telah meng-unlock bootloader Google Nexus 6P Anda.
YANG DI PERLUKAN
Beirkut ini dibuat untk Google Huawei Nexus 6P dan tidak untuk tipe Nexus Lainnya. Varian 6P adalah penerus dari original 6 yang diluncurkan selama September 2015.
SEBELUM KITA MULAI
– Anda harus membackup Google Huawei Nexus 6P sebelum memulai guide ini. Anda mewipe data selama panduan dan tidak dapat mengembalikan data tersebut kecuali Anda membuat sebuah backup terlebih dahulu.
– Masuk ke Apps > Settings > About Device dan tap build number 7 kali. Anda akan mengounlock Developer 9ptions dan tersedia dari Settings.
– Kembali ke Settings dan masuk ke Developer Options yang kita bicarakan. Cari opsi baru pada menu Developer Options, bernama Enable OEM unlock dan centang kotaknya sehingga tidak kosong.
– Tetap berada di menu Developer Options dan pastikan USB Debugging Mode juga diaktifkan dengan mencentang kotak disampingnya.
CARA UNLOCK BOOTLOADER PADA GOOGLE NEXUS 6P
1. Pelajari cara set up ABD dan fastboot dengan menginstall Android SDK. Anda yang sudah punya Android SDK sudah tidak perlu melakukan ini lagi. Hanya pastikan Anda memiliki fastboot.
2. Mulai dengan mematikan total Google Nexus 6P dengna menahan tombol Power untuk beberapa detik.
3.Reboot Nexus 6P dalam mode bootloader dengan menahan tombol Volume Down + Volume up + power.
4. Tetap menahan tiga tombol tersebut hingga Anda melihat bebrapa teks di layar dan Start screen.
5. Hubungkan Google Nexus 6P ke komputer sekarang menggunakan kabel USB.
6. Buka folder dimana Anda memiliki ADB dan Fastboot.
7. Tahan tombol Shift dan klik-kanan dimana saja yang kosong dalam folder tersebut.
8. Lakukan dengan benar akan mendapatkan menubaru pada layar komputer Anda. Pilih untk membuka jendela coomand disini dari menu baru tersebut.
9. Ketik perintah “fastboot oem unlock”.
10. Perangkat Anda akan melakukan sisanya.
11. Tunggu sampai perangkat reboot dan Anda selesai. Jika perangkat tidak reboot, Anda bisa secara manual mengeluarkan perintah dengan menggunakan command prompt lagi dan kode ini : “fastboot reboot”.

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*