Cara mengatur proxy pada Windows 10

Cara mengatur proxy pada Windows 10

Proxy adalah lapusan perantara antara perangkat Anda dengan Internet. Jika Anda sudah pernah mengatur proxy, request yang Anda buat akan pergi ke server proxy terlebih dahulu kemudian server ini mengirim request Anda ke server target. Dalam praktiknya, banyak orang menggunakan proxy untuk mengakses konten yang tidak tersedia di negara mereka atau untuk tetap anonim di internet.

Cara mengatur proxy pada Windows 10

Di Windows, proxy setting sudah ada sejak lama. Karena Windows 10 mencoba menggabungkan semua settting kedalam sebuah aplikasi Settings, proxy mendapatkan bagian barunya pada aplikasi tersebut juga.

Cara mengatur Proxy di aplikasi Settings

Mengatur proxy di aplikasi Settings sangatlah mudah. Sederhana dan gampang dilakukan. Untuk membuka proxy settings, cukup ketik “proxy” kedalam kotak pencarian di Taskbar dan jalankan hasil yang paling atas.

Di jendela Settings, Anda dapat melihat sebuah tombol untk menyalakan ”Use proxy server”. Ketika ini dinyalakan, apa yang perlu Anda lakukan adalah masukan server adress dan port. Dan, jangan lupa mengklik tombol Save.

Mengubah setting ini artinya seluruh sistem, termasuk web browser aapun, sekarang menggunakan sebuah proxy server. Itu tidak hanya settingan untuk Mirososft Edge atau Micrososft Explorer.

CARA SETUP PROXY CARA LAMA

Sebelum era Windows 8, kita perlu masuk ke Internet Options untk mengubah proxy. Ini dapat dibukan dalam Internet Explorer, yang biasanya membuat orang mengira proxy setting ini hanya untuk IE. Cukup membingungankan ketika system setting berada dalam tempat yang sama dengan sebuah pengaturan program tertentu.

Untuk membuka Internet Options, Anda dapat mengetikkan “Internet Options” kedalam search box pada Taskbar dan memilih hasilnya. Didalam jendela Internet Options, klik tab Connections dan tekan tombol LAN settings. Setelah itu, centang kotak “Use proxy server” untuk mengaktifkan proxy untuk sistem dan masukan alamat proxy server Anda. Anda juga dapat mengklik Advanced untuk mendapatkan opsi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*