Cara Rekam Layar Secara Gratis di Windows 10

Di Windows 10, ada sebuah tool tersembunyi yang dapat merekam layar jendela terbuka. Fitur ini disebut Game DVR dan merupakan aplikasi Xbox. Tujuannya untuk merekam gameplay Anda. Namun, itu juga bisa digunakan unk merekam layar aplikasi lain di Windows 10.

CARA MENGGUNAKAN GAME DVR UNTK MEREKAM LAYAR WINDOWS 10

Walaupun dimasukkan pada aplikasi Xbox, Anda tidak perlu sign in ke aplikasi untuk menggunakan tool ini. Yang perlu Anda lakukan iayalah menginta shrotcut dibawha ini.

  • Win + G : Membuka bar Game yang merupakan control bar untuk memulai dan merekam perekaman.
  • Win + Alt + R : Start/Stop perekaman.
  • Win + Alt + PrtScn : Mengambil screenshot.
  • Win + Alt + T : Menampilkan/menyembunyikan timer perekaman.

Satu hal penting adalah tool ini hanya merekam jendela yang aktif. Saat anda berpindah ke jendela Anda atau me-minimize aplikasi, tool akan berhenti merekam. Beberapa aplikasi sistem juga tidak dapat direkam seperti Windows Explorer, Task Manager. Mengingat dirancang untuk merekam gameplay, Anda tidak dapat mengharapkan tool ini untuk melakuka sesuatu yang lebih dari itu. Dengan fungsi terbatas, setidaknya cukup berguna saat ingin merekan layar aplikasi tertentu.

Untuk mulai merekam layar sebuah jendela, pertama pastikan bahwa Anda aktif pada jendela tersebut. Lalu tekan Win + G untuk menampilkan control bar. Tool kemudian akan menanyakan apakah jendela ini adalah sebuah game, jawab saja Yes. Sekarang Game bar akan tampil, tekan tombol merah untuk merekam layar. Untuk mengetahui berapa lama waktu yang telah direkam, lihat di sudut kanan atas dan Anda akan melihat timernya.

Saat tiba waktunya untk stop perekaman, Anda bisa membukat Game bar dengan menekan shortcut Win + G dan tekan tombol Stop. Secara default, video akan disimpan di folder Video Anda (C:\Users\username\Videos).

CARA UBAH SETTING GAVE DVR

Ketika menggunakan Game DVR, Anda mungkin ingin mengubah banyak setingan tentang kualitas video atau lokasi save. Semua pengaturan ini terdapat di aplikasi Xbox. Untuk itu anda perlu sign in ke aplikasi dengan akun Microosft unk mengakses setingannya.

Setelah berhasil sign in ke aplikasi Xbox, tap ikon Setting di toolbar kiri. Kemudian pilih Game DVR dan Anda akan melihat banyak pengaturan untuk mengkustomisasi perekaman. Pada panel ini, ada pengaturan unk resolusi video/kualtias, audio, dan lokasi penyimpanan. Anda bahkan dapat mengatur shortkey key Anda sendiri pada tool ini.

 

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*