Cara Install Google Gapps di Android 6.0 Marshmallow Custom Rom

Cara Install Google Gapps di Android 6.0 Marshmallow custom Rom

Google Appas adalah aplikasi-aplikasi stock Google yang secara default ada di perangkat Android kita. Aplikasi ini tidak pindah secara otomatis ke custom ROM ketika kita mengisntall custom ROM baru.Namun, kita dapat mengupload file zip Google Aps dan menginstallnya bersama ROM. Berikut ini adalah panduan cara mem-flash Google Gaaps pada custom ROM Android 6.0 Marshmallow.

Cara Install Google Gapps di Android 6.0 Marshmallow custom Rom

PERSYARATAN

  • Anda perlu mengisntall custom recovery sebelum melakukan panduan ini. Anda dapat menggunakan segala jenis custom recovery seperti Phulz touch recovery, CWM recovery atau TWRP recovery.
  • Paket Gapps berikut ini berfungsi dengan custom ROM berbasis Android 6.0 Marshmallow. Jika custom ROM Anda berbasis Android 5.1.1 Lolipop, ini bukan paket Gaaps untuk Anda.

SEBELUM MEMULAI

  • Pastikan Anda membackup perangkat sebelum mem-flash ROM baru dengan Google Apps. Pada banyak kesempatan, orang-orang mengisntall Gapps dengan ROM disaat yang sama. Ketika mengfashing ROM baru, kebanyakan panduan di internet akan menyuruh Anda mewipe data karena itu sangat direkomendasikan sebeum memflash ROM baru. Tanpa backup, Anda tidak dapat me-restore data. Nah, bagi Anda yang mengisntall custom recovery dapat menggunakan opsi backup NANDroid dari dalam recovery.

CARA INSTALL GOOGLE GAPPS PADA ANDROID 6.0 MARSHMALLOW CUSTOM ROM

  1. Download file Google Gaps Android 6.0 Marshmallow dari sini.
  2. Download dan pindahkan file tersebut ke desktop. Bagi pengguna Windows biasanya file akan didownload pada folder Download secara default. Oleh karena itu, buka folder Download dan klik filenya kemudian tarik ke desktop.
  3. Hubungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB.
  4. Copy file Google Gapps ke root penyimpanan internatl SD Card. Nama SD Card artinya Anda di folder utama dan tiadk berada pada sub-folder.
  5. Lepaskan perangkat dari komputer.
  6. Reboot perangkat kedalam custom recovery mode yang sudah terinstll di perangkat Anda.
  7. Tekan opsi “install” dari recovery menu.
  8. Cari file zip Google Gapps di SD Card Anda.
  9. Konfirmasi jika Anda ingin menginstall file tersebut dan menunggu hingga selesai loading.
  10. Setelah selesai, kembali ke layar main recovery dan tekan opsi “Reboot system”.
  11. Sekarang perangkat Anda akan reboot ke mode normal seperti biasanya.
  12. Selesai sampai disini, Anda baru saja mengisntall Google Gapps pada Android 6.0 Marshmallow custom ROM

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*