10 Shortcut Untuk Bekerja Lebih Cepat di Windows

Di Windows ada banyak shortcut yang digunakan untuk bekerja lebih cepat dan menyelesaikan banyak hal. Kebanyak dari shortcut tersebut berada tepat dibawah jari Anda, dan mengugnakannya Anda dapat lebih produkti. Namun sama halnya dengan beberapa hal di Windows, shortcut ini terkadang diabaikan atau bahkan tidak pernah digunakan karena kebanyakan pengguna tidak tahu bahwa shortcut tersebut tersedia. Berikut ini adalah beberapa shortcut terbaik yang akan menggunakan mouse dan keyboard untuk bekerja lebih cepat di Windows.

  1. F2

Banyak pengguna coba mengganti nama file atau beberaa file dengan cara klik kanan dan kemudian memilih opsi “rename”. Namun Anda sebenarnya tahu bahwa ada cara mudah untuk melakukan ini ? Untuk me-rename file, cukup seleksi fienya dan tekan f2 dan rename sesuka hati.

  1. CTRL + Drag File dan Folder

Jika Anda mau meng-copy file dengan cepat dari satu folder ke folder lain, maka cukup tahan tombol CTRL dan drag file dari sumber tujuan. Tindakan ini akan mengcopy file dan folder dari say tempat ke tempat lain.

  1. Shift + Drag File dan Folder

Untuk memindahkan file dan folder dari satu tempat ke tempat lain, Anda tidak perlu menggunakan dua shortcut yang berbeda. Yang perlu Anda lakukan adalah menahan tombol “Shift” dan drag file atau folder dari sumber ke destinasi. Aksi ini akan memindahkan file dari satu tempat ke tempat lainnya.

  1. ALT + Drag File dan Folder

Banyak orang menggunakan klik kanan untuk membuat shortcut sebuah file dan folder. Namun cara lain yang cepat untuk membuat sebuah shortcut file adalah dengan drag and drop file atau folder dengan menahan tombol ALT pada keyboard Anda.

  1. ALT + Space

Walaupun tidak setiap orang menggunakan System Menu lagi, ini merupakan menu yang cukup berguna untuk me-minimize secara cepat, maximize, dan restore sebuah jendela pada Windows. Untuk mengakses System Menu dengan cepat, tekan “ALT + Spacebar”.

  1. Shift + Klik pada Aplikasi di Taskbar

Pernahkah Anda bertanya bagaimana cara membuka bebrapa aplikasi yang sama ? Sangat mudah, yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol Shift dan klik pada icon aplikasi di taskbar. Tindakan ini akan membuka aplikasi ladi dari apliaksi yang Anda pilih. Trik ini hanyaberfungsi untuk aplikas yang mendukung multiple isntances.

Itu dia 6 shortcut yang mungkin belum Anda ketahui.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*