Cara Mengungkapkan Path Sebuah File Pada Mac

Cara Mengungkapkan Path Sebuah File Pada Mac

Saat mengcopy file pada Mac Anda semudah memilih file dan menekan “Command + C” pada keyboard, mengcopy pathsebuah file tidak terlihat mudah. Walaupun ada berbagai cara untuk mengungkapkan path sebuah file pada Mac, berikut ini cara mengetahui path dari file Anda.

Cara Mengungkapkan Path Sebuah File Pada Mac

Menggunakan Terminal Untuk Mendapatkan Path File

Banyak perintah pada Terminal memerlukan Anda masuk ke full path dari file tersebut dan mungkin itulah mengapa perusahaan ini sudah memasukkan kemampuan pada aplikasi Terminal memberikan Anda path full dari file apapun yang berada pada komputer Anda. Berkut caranya.

  1. Klik pada Launchpad di dock Anda, search Terminal dan klik untuk membukanya.
  2. Ketika Terminal diluncurkan, drag dan drop file kedalamnya, dan full path dari file akan muncul disana di dalam jendela Terminal.

Menggunakan “Go To Folder” Untuk Mendapatkan Path File

Jika Anda ingin menyelesaikan tugas ini didalam jendela Finder, Anda bisa menggunakan fitur “Go To Folder” yang ada pada aplikasi Finder.

  1. Buka jendela Finder dengan mengklik double pada sebuah folder atau double klik hard disk utama Anda.
  2. Klik pada menu “Go” diatas dan pilih opsi “Go to Finder”.
  3. Ketika fitur Go To Folder jalan, drag and dr9p file Anda kedalam kolom pathnya dan full path dari file akan di isi disana. Itulah full path dari file tersebut.

Jika Anda sering memerlukan akses ke full path seuatu lokasi di Mac Anda, maka Anda bisa menggunakan cara diatas. Jika Anda tidak suka salah satunya, pilih opsi lain yang Anda pikir akan bekerja baik untuk Anda.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*