4 Cara Untuk Mengetahui Apa Yang Google Ketahui Tentang Anda

5 Cara Untuk Mengetahui Apa Yang Google Ketahui Tentang Anda

Entah Anda browsing internet untuk informasi dasar atau seluruh hidup Anda bergantung pada Internet, Anda secara tidak langsung terhubung dengan layanan Google. Ini berarti Google juga tahu tentang Anda dan tetap melacak aktivitas online Anda untuk meneydiakan layanan yang lebih baik.

 5 Cara Untuk Mengetahui Apa Yang Google Ketahui Tentang Anda

Ini mungkin menaikan khawatir Anda. Tidak semua orang merasa nyaman dengan seseorang yang melacak setiap lokasi yang mereka kunjungi. Jika Anda sedikit khawatir tentang Google melacak Anda, maka Anda mungkin ingin mengetahui bahwa Google sebanarnya mengetahui Anda, dan Anda dapat keluar. Pada artikel ini kita akan membantu Anda mencari tahu apa yang Googletahu tentangAnda dan bagaimana keluar dari hal itu.

  1. Google Dashboard

Google Dashboard adalah tempat untuk mendapatkan ringkasan dari smua layanan Google yang Anda sedang gunakan dan apa yang Anda lakukan didalamnya. Secara dasar, baik Anda dan Google mengetahui apa yang Anda lakukan dan bagaimana progressnya.

Ini bisa menjadi cara yang berguna untuk mendapatkan overview dari apa yang Google ketahui tentang Anda. Sebagai contoh, lokasi home Anda di Google Maps, perangkat Anda, bookmarks di Chrome dan apikasi Google Play Anda. Anda juga mengelola layanan dari Google Dashboard.

  1. Manage Ads

Google mengumpulkan informasi semua website yang Anda kunjungi dan iklan-iklan yang Anda klik untuk menyediakan iklan berdasarkan intereset. Fitur ini membantu Google menampilkan iklan yang relevan yang mungkin Anda tertarik . Di Ads Settings Anda dapat melihat apa yang Google pikirkan tentang Anda, termasuk informasi seperti interest, umur, gender, dll.

Disini Anda dapat mengkustomasi iklan jenis apa yang ingin Anda lihat atau berhenti dari iklan berbasi interest. Jika Anda berhentikan, Google tidak akan membuat profile untuk Anda dan akan menghapussemua data yang mereka sudah kumpulkan.

  1. Web & App Activity

Google menyimpan semua pencarian Anda secara terpisah bersama dengan aktivitas Anda pada beberapa aplikasi Google. Pencarian ini dapat dilihat dari Google Web & App. Google menggunakan pencarian ini untuk memberikan hasil yang terkustomize dan juga mengintegrasikannya dengan beberapa layanan Google seperti Search, Google Now, dll.

Anda bisa melihat semua pencarian Anda menurut waktu dan bahkan frasa yang paling sering Anda cari. Anda secara penuh dapat menghapus semua pencarian ini atau mematikan fitur ini untuk memastikan Google tidak melacak apapun. Namun, ini juga berarti Anda tidak akan ditawarkan pencarian kustom.

  1. Location History

Jika Anda sudah mengaktifkan location history anda pada Android, maka Google akan tetap melacak semua tempat yang telah Anda kunjungi. Google menggunakan informasi ini untuk banyak layananya seperti Search, Ads dan Google Now untuk menyediakan sebuah pengalaman terkustom menurut tmepat-tempat yang Anda kunjungi. Ini dapat menjadi pelanggaran privasi besar untuk beberapa orang sehingga akan baik untuk tahu apa yang Google ketahui tentang histori lokasi Anda. Anda juga dapat menghapusnya.

Anda dapat mengunjungi Google Maps. Halaman Location History untuk melihat semua lokasi yang telah Anda kunjungi dalam sebuah peta interaktif. Anda dapat melihat tempat yang paling sering di kunjungi juga melihat tempat mana yang Anda kunjungi pada hari tertentu. Fitur ini dapat di pause atau di hapus secara total dan dimatikan.

Kesimpulan

Jika Anda secaa reguler menggunakan layanan Google, maka Anda akan mau mengetahui apa yang ditahui Google tentang Anda untuk mengkustom atau menghapus informasi. Namun, dengan mengetahui hal-hal tentang Anda, Google menawarkan banyak layanan ekslusif yang harus Anda serahkan jika Anda melarang Google mengakses Anda.

About Bahtiar 748 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*