Cara Extract Gambar Yang Tersemat Dari File PDF Di Ubuntu

Meskipun kita semua sudah tahu cara edit file PDF di Ubuntu, ada saatnya dimana kita perlu menggunakan semua atau beberapa gambar yang terkandung dalam sebuah file PDF. Menyalin dan paste secara manual tentu menjadi pilihan, namun bukan yang terbaik, khusus ketika PDF berisi banyak sekali gambar.

Sebuah tool tersedia bernama PDFImage yang membuat ekstraksi file PDF menjadi mudah. Dalam artikel ini kita akan membahas tool ini menggunakan conto yang mudah dimengerti. Catat bahwa semua contoh yang digunakan disini dicoba pada Ubuntu 14.04 LTS menggunakan versi 0.24.5.

Apa itu PDFImages?

PDFImages adalah tool command line yang bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar dari sebuah file PDF. Sang pembuat mengatakan bahwa tool ini membaca input file PDF, melakukan scan, dan menghasilkan satu file PPM, PBM , atau JPEG untuk setiap gambar dalam file PDF.

Download dan Install

Jika Tool ini belum terinstall di Ubuntu Anda, Anda bisa mendownload dan menginstallnya menggunakan perintah berikut :

sudo apt-get install poppler-utils

Selain itu,, package “poppler-utils” juga berisi beberapa utilitas baris perintah untuk mendapatkan informasi dari dokumen PDF, mengkonversi ke format lain, atau memanipulasinya.

Penggunaan

PDFImages, dalam bentu dasarnya, memerlukan 2 argumen : inpu file PDF dan path ke direktori dimana Anda ingin menyimpan gambarnya. Sebagai contoh, saya mencoba mengextract gambar dari sebuah file PDF bernama “christmas_story.pdf “ dan menyimpannya ke direktori bernama “pdfimages”

pdfimages /home/himanshu/Downloads/christmas_story.pdf /home/himanshu/Downloads/pdfimages/

Perintah diatas menghasilkan file berikut di direktori tujuan :

ls /home/himanshu/Downloads/pdfimages/
-000.ppm  -001.ppm  -002.ppm  -003.ppm  -004.ppm  -005.ppm  -006.ppm  -007.ppm

Seperti yang bisa Anda lihat diatas,, nama file diawali dengan “-” diikuti sebuah nomor.Bagi yang penasaran kenapa file diawalai simbol – , maka tool ini memberikan Anda keleluasaan memberikan prefix sebelum simbol tersebut ehingga Anda bisa membuat nama kustom untuk gambar output. Anda juga bisa menambahkan kata-kata khusus ke direktori tujuan selama menjalankan erintah.

Sebagai contoh, saya menambahkan kata “image” ke path direktori tujuan :

pdfimages /home/himanshu/Downloads/christmas_story.pdf /home/himanshu/Downloads/pdfimages/image

Dan file output yang dihasilkan membawa nama berikut :

ls /home/himanshu/Downloads/pdfimages/
image-000.ppm  image-001.ppm  image-002.ppm  image-003.ppm  image-004.ppm  image-005.ppm  image-006.ppm  image-007.ppm

Kesimpulan

PDFIMages adalah tool yang sangat berguna jika pekerjaan Anda melibatkan hal dimana Anda harus mengambil gambar-gambar di sebuah file PDF.

 

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*